Motivasi / Motivasi Diri / Menjadi Motivator Lewat Tulisan

Menjadi Motivator Lewat Tulisan

Seseorang yang mampu mengajak orang lain untuk mengikuti apa yang dikatakan itu merupakan hal positif dan perlu menyebarkan hal-hal atau informasi bermanfaat bagi pembaca tulisan kita, menjadi seorang motivator tidak harus berbicara langsung terhadap orang lain akan tetapi, menjadi motivator bisa melewati tulisan yang mampu membangun semangat bagi para pembacanya. Idealnya, motivasi yang disampaikan oleh motivator mengandung ajakan kepada pembaca bagaimana menjadi manusia yang selalu mempunyai semangat tinggi walaupun dalam keadaannya banyak mengalami masalah banyak. Inilah mengapa kita harus menjadi motivator dengan tulisan kita:

Tulisan Kita Menjadi Inspirasi Bagi Orang Lain

Dengan disadari atau tidak, tulisan kita kadang menjadi acuan dan referensi bagi orang lain untuk menjadi motivasi, semakin tulisan kita diterima atau bahkan diikuti oleh pembaca itu merupakan nilai plus dan secara otomatis kita juga dikenal sebagai seorang motivator handal karena meskipun tidak secara langsung kita mengajak, pendapat kita bisa ditiru oleh orang lain.

Indikasi bahwa tulisan kita telah menjadi inspirasi bagi orang lain adalah, munculnya semangat terhadap pembaca setelah mereka membaca tulisan kita. Pembaca cenderung menirukan atau melaksanakan hal-hal yang penulis sampaikan dalam tulisannya, itu karena mereka menganggap bahwa tulisan kita layak dijadikan dorongan dalam melakukan aktivitas pembaca dalam melakukan kegiatannya.

Menirukan Apa Yang Kita Lakukan

Jika tulisan kita yang cenderung mengajak pembaca lambat laun diterima, maka akan gampang bagi seorang penulis untuk selanjutnya memberi rangsangan pada pembaca agar mengikuti apa yang penulis katakana dengan tulisannya. Selanjutnya dalam kehidupan nyata, pembaca menilai motivator adalah seorang yang menjadi penunjuk jalan ketika pembaca merasa tersesat. Untuk itulah perlu dipahami oleh motivator. Ketika dalam kehidupan nyata, pantaskanlah penulis sebagai orang yang memang patut untuk ditiru dan diikuti oleh pembaca, agar citra seorang motivator tidak dipandang sebagai seorang yang hanya bisa member motivasi pada orang lain. Namun tidak mampu menjadi motivator untuk dirinya sendiri.

Mengubah Pembaca Menjadi Penggerak

Tulisan kita yang kita anggap sebagai rangsangan bagi pembaca untuk menjadi lebih baik, menjadikan pembaca memunculkan sikap ingin menjadi penggerak seperti yang kita lakukan. Pemikiran yang ditanamkan kepada pembaca akan memunculkan kepercayaan diri bahwa jika kita bisa menjadi motivator bagi orang lain dengan membantu pembaca keluar dari kesulitan-kesulitan yang selama ini pembaca hadapi, mengapa tidak untuk pembaca juga menjadi motivator bagi orang lain. Jadi, pembaca yang dari awal hanya mengikuti kata-kata penulis, lambat laun pembaca akan menjadi motivator yang mampu menjadi inspirator bagi orang lain.

Validnya Informasi

Tidak sulit, juga tidak mudah bagi seseorang menjadi motivator bagi orang lain dengan segala informasi yang kita bagikan kepada pembaca. Untuk itulah penulis harusnya memberikan informasi yang sebenarnya kepada pembaca, agar informasi itu benar-benar menjadi acuan bagi pembaca bahwa yang kita tulis adalah sesuatu yang beanr dan patut ditiru, bukan tulisan yang menyesatkan pembacanya. Valid tidaknya informasi penulis akan berdampak pada sikap dan perilaku pembaca yang cenderung ikut-ikutan apa yang ditulis oleh penulis

*Gambar dari: http://int.search.myway.com/search/AJimage.jhtml?searchfor=gambar+tulisan+motivasi

Afifatur Rohmah
Data Diri Nama saya Afifatur Rohmah lahir di Bangkalan, tanggal 07 November 1995. Beragama islam, saya tinggal di jln. Sunan kalijaga No. 7AA, Malang. Saat ini saya menempuh S1 di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Mengambil jurusan akuntansi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...