Motivasi / Motivasi Diri / Kecil-kecil Berbisinis, Why Not! Part #1

Kecil-kecil Berbisinis, Why Not! Part #1

Kamu masih pelajar atau masih mahasiswa semester awal, dan ingin mencari uang saku untuk kebutuhan sehari-hari tanpa meminta uang kepada orang tua, namun sayangnya terhalang oleh waktu dan tugas sekolah atau kuliah yang seringkali menghambat untuk bekerja atau mencari uang sendiri. Kini sudah saatnya kamu menyiapkan fisik dan mental untuk terjun ke dunia bisnis.

DSC03952

Terjun ke dunia bisnis tidak mengenal usia seseorang untuk menciptakan sebuah lahan pekerjaan, yang terpenting kreativitas sangat diperlukan dalam persaingan yang selalu berubah-ubah tiap waktu, selain itu juga kecerdasan, kepandaian serta keuletan juga diperlukan dalam mengelola keuangan dan waktu agar kamu makin bersinar, meraih kesuksesan di usia muda.

Bisnis sambil sekolah atau kuliah sesungguhnya memberikan banyak manfaat. Selain bisa memperoleh uang saku tambahan dari bisnis yang kamu jalankan, kamu juga bisa menjadikan bisnis itu menjadi pekerjaan utama di saat kelak sudah lulus dari jenjang pendidikan. Selain itu kamu juga bisa menciptakan lahan pekerjaan dan merekrut orang-orang disekelilingmu untuk ikut bekerja di bisnis yang kamu geluti. Nah mulai tertarik, bukan?

Tiga modal utama dan sangat penting diperhatikan untuk memulai berbisnis yaitu:

1. Keberanian

Kalau kamu sungguh-sungguh berniat ingin terjun ke dunia bisnis, kamu juga harus mempunyai keberanian dan tekad yang kuat. Keberanian sangat diperlukan jika menghadapi persaingan dari lawan-lawan bisnis lain. Dengan adanya keberanian untuk menghadapi persaingan, kamu jadi punya alasan untuk terus meningkatkan kemampuan, kreativitas dan inovasi dalam berusaha, sehingga kamu pun berusaha untuk menjadi lebih baik daripada saingan lawan bisnis lain.

2. Ketekunan

Ketekunan dan keuletan diperlukan juga untuk memulai bisnis yang akan kamu pilih. Selain komitmen yang kuat untuk tidak goyah terhadap apapun yang akan menghambat bisnismu, ketekunan juga berperan aktif agar kamu memperoleh hasil yang maksimal.

3. Modal nekat

Modal nekat ini juga diperlukan, karena jika kamu tak ada niat nekad dan tekad yang kuat, kamu pun juga akan ragu-ragu untuk melangkah, ragu-ragu untuk terjun ke dunia bisnis, dan akibatnya kamu malah mengurungkan diri untuk tidak lagi berniat berbisnis.

 

Ada beberapa kiat sukses berbisnis di usia muda, diantara lain:

• Mantapkan bisnis yang kamu pilih

Sesuaikan bisnis yang kamu pilih ini dengan hobi atau kemampuan yang kamu miliki. Agar kamu bisa mengelolanya dengan hati senang dan tak ada beban. Memantapkan memilih bisnis ini agar kamu tak ragu-ragu dan berganti-ganti dari bisnis satu ke bisnis lain karena sesuatu hal.

• Permodalan

Karena masih sekolah atau kuliah, permodalan pun juga tak seberapa. Tapi, jangan khawatir, dengan modal terbatas kamu pun bisa membangun usaha yang inovatif dan kreatif, ingat! Peluang usaha ada dimana-mana, dan kamu harus pandai melihat peluang itu dengan membangun usaha meski dengan modal kecil namun dengan berusaha keras, mempunyai keinginan untuk maju, dan berpikir kreatif tentu permodalan pun bukan hal yang menghalangimu lagi.

• Manfaatkan waktu libur di akhir pekan

Jika kamu ingin terjun ke dunia bisnis, tentu waktu luang yang biasa kamu gunakan untuk bersantai harus kamu gunakan sebaik-baiknya untuk mengelola bisnismu. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, tentu kamu harus memanfaatkan waktu libur di akhir pekan dengan sebaik-baiknya.

• Rencanakan selama mungkin

• Jangan memforsir diri dan jangan mengabaikan tugas utama

DSC03944Jika kamu masih sekolah atau kuliah, tetap jangan mengabaikan tugas utama sebagai pelajar atau mahasiswa. Dunia bisnis bisa kamu lakukan selama tugasmu sebagai pelajar atau mahasiswa sudah terlaksana dengan baik, dan kamu manfaatkan waktu libur akhir pekan untuk mengelolanya, jadi tak ada alasan untuk mengabaikan tugas utamamu yak!

Nah, bagi kamu wahai para pelajar atau mahasiswa itulah sekilas tentang dunia bisnis yang perlu kamu ketahui. Masih ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk berbisnis dan beberapa macam bisnis yang bisa kamu pilih. Tunggu di artikel selanjutnya yak! (ans)

Foto Profil dari anisa alfi nur fadila

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...