Motivasi / Lain-lain / Tips Tetap Happy Saat Lembur

Tips Tetap Happy Saat Lembur

Bekerja overload atau lembur bagi karyawan adalah hal yang biasa. Bahkan tidak jarang para karyawan memang sengaja bekerja lembur demi mendapatkan tambahan insentif karena telah bekerja di luar jam kerja yang ditentukan. Tetapi ada juga karyawan yang memang diharuskan untuk lembur karena pekerjaan yang belum dapat diselesaikan saat jam kerja atau memang pekerjaan tersebut tergolong urgent dan membutuhkan pengerjaan hari itu juga. Saat lembur dan dikejar deadline inilah saat karyawan rentan mengalami stres, kelelahan dan dapat mengalami depresi ringan. Berbagai penyakit pun muncul seperti migrain, maag, kurang darah, sakit di persendian, dsb.

tips kerja lemburLembur bisa menjadi sesuatu yang ditunggu – tunggu, bisa juga menjadi suatu tekanan dalam pekerjaan. Bagaimanapun sebagai karyawan tentunya kita tidak bisa menolak apa yang sudah menjadi perintah dari atasan. Bekerja dalam keterpaksaan akan membuat kita lebih mudah dijangkiti perasaan jenuh dan bosan. Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu agar tetap happy saat lembur  :

 

1. Siapkan cemilan sehat

Menyiapkan cemilan akan membantu kita lebih berkonsentrasi dan tidak lelah. Tetapi sebaiknya, batasi cemilan yang terlalu berat atau berlemak dan mengandung banyak gula, karena akan lebih cepat membuat kita mengantuk saat bekerja. Siapkan cemilan yang lebih sehat seperti buah – buahan, kacang polong atau cemilan yang mengandung lebih banyak protein. Terutama bagi karyawan yang menghabiskan hampir sepanjang hari kerja dengan duduk di belakang meja. Cemilan sehat dapat membantu memperbaiki metabolisme tubuh terutama juga menjaga berat badan kita.

2. Dengarkan musik sesuai selera

Suka musik ? Sebelum lembur, siapkan playlist yang berisi lagu – lagu favorit anda. Musik diyakini dapat mengembalikan mood dan mengurangi stres yang berlebihan. Dengan musik, perasaan anda akan jauh lebih baik dan menjadi lebih bahagia di saat harus bekerja lembur.

3. Rileks sejenak

Lembur boleh – boleh saja, tetapi jangan lupa ada jeda waktu untuk kita rileks sejenak. Setiap 1 jam lembur, usahakan menggunakan waktu sebentar untuk berjalan – jalan keluar kantor menghirup udara segar, atau berbincang – bincang tentang hal ringan dengan rekan kerja misalnya. Bagi anda yang bekerja di depan komputer, rileks sejenak diperlukan untuk mengistirahatkan mata dari radiasi komputer yang berlebihan.

4. Temukan motivasi

Otak pun perlu memikirkan hal – hal yang menyenangkan selama lembur. Coba pikirkan mendapatkan uang lembur, atau tidak perlu bekerja di akhir pekan karena pekerjaan sudah diselesaikan, atau bisa juga merencanakan cuti yang menyenangkan bersama orang terdekat anda. Dengan membuat otak merasa nyaman, maka mood pun akan menjadi lebih baik dan anda menjadi lebih semangat dalam bekerja lembur.

5. Minum segelas teh hangat

Teh memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya mampu memicu kembali kinerja otak walaupun tubuh dalam keadaan lelah. Pilihlah teh jenis chamomile yang diteliti memiliki zat yang dapat membuat pikiran lebih santai dan rasa tegang pun berkurang. Minum teh dalam keadaan hangat juga diyakini dapat mengembalikan vitalitas tubuh.

Bagi yang sering kebagian lembur, tetap happy dan semangat ya. Itu artinya anda memang dipandang mampu untuk menerima tugas – tugas yang berlebihan. Dan yang perlu diingat agar hati lebih ikhlas, masih banyak diluar sana yang membutuhkan pekerjaan dan bersedia menggantikan tugas – tugas lembur anda.

 Gambar dari : limpehft.blogspot.com

Penulis: Anna yosefina

Foto Profil dari Anna yosefina
Seorang blogger yang suka dunia tulis-menulis. - www.citrawanita.com -

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...