Motivasi / Kata Mutiara / Tujuan Hidup Menentukan Sifat dan Karakter Seseorang

Tujuan Hidup Menentukan Sifat dan Karakter Seseorang

Seorang manusia tanpa tujuan besar dan pasti, tak berdaya ibarat sebuah kapal tanpa kemudi
( Napoleon Hill )

langkah hidupBagi sebagian orang, kehidupanya adalah perputaran waktu yang hanya untuk dijalani. Namun bagi sebagian yang lain kehidupan berarti sebuah perjuangan dalam mencapai tujuan. Mengapa tujuan hidup ini begitu penting untuk dipahami, jawabanya dapat dianalogikan saat kita berada di sebuah tempat namun tidak tahu mengapa kita berada disana dan tak tahu hendak kemana, lalu kita melihat sebuah jalan dan hanya berjalan mengikuti langkah kaki tanpa ada gundah mengapa saya berada disini, dimanakah saya berada, mau kemana  dan apa yang harus saya lakukan.

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu”
( QS.Adz Dzaariyaat:56 )

Tujuan paling besar adalah sebuah pertanyaan mengapa saya hidup, mengapa saya diciptakan atau untuk apa saya diciptakan oleh Tuhan. Sedangkan tujuan-tujuan kecil akan berkembang dari tujuan besarnya. Misal saya harus kaya, saya ingin ketentraman, saya ingin jabatan, saya ingin dihormati, saya ingin jadi dermawan, saya mau membantu orang lain, saya ingin keluarga bahagia dll.

Tujuan menentukan jadi apakah anda kelak” 
( Julius Erving )

Tujuan kecil ini yang mempengaruhi seseorang dan akan membentuknya menjadi pribadi yang secara langsung ataupun tidak langsung mengarahkan pada pencapaian tujuan kecilnya. Jika tujuanya menjadi kaya atau hanya kaya tujuanya maka ada ada kemungkinan hal positif dan negatif yang akan terbentuk seperti melahirkan semangat kerja keras, sungguh sungguh dalam bekerja mencari uang, selalu berhemat dan menabung, sedangkan negatifnya adalah sifat kikir. Namun meskipun tujuanya kaya tetapi jika seseorang memegang teguh tujuan besarnya  adalah taat pada Tuhan maka pengaruh negatifnya muncul hanya sedikit karena dikontrol tujuan besarnya.

 Kekuatan luar biasa dalam kehidupan adalah kekuatan yang diperoleh dari memiliki tujuan hidup yang jelas. Suara, penampilan, pakaian, gerakan dari seseorang akan terbentuk dan berubah saat ia mulai menjalani kehidupan dengan suatu alasan”
(
Elizabeh Stuart Phelp )

Seseorang akan memiliki nilai, sifat dan karakter sesuai tujuan yang ia cari. Dalam prosesnya tujuan ini lahir dari pengalaman, pengetahuan dan kondisi lingkungan yang pernah dialami terutama dari orang tuanya.

 

Nilai sesungguhnya dari seorang manusia ditentukan oleh tujuan yang dikejarnya”
( Marcus Aurelius )

Tujuan melahirkan rencana, karena tujuan tanpa rencana hampir 99% tidak mungkin. Rencana menghasilkan konsep apa yang perlu dilakukan (TO DO LIST). Sedangkan to do list memerlukan cara pelaksanaan, dan cara pelaksanaan akan membangun sifat dan karakter yang dibutuhkan.

Menetapkan tujuan dan terus berpegang pada tujuan itu akan mengubah segalanya
( Cott Reed )

Jadi tujuan membentuk seseorang untuk mempunyai sifat dan karakter sesuai kebutuhan dengan apa yang akan dicapainya. Misalnya ingin menjadi pemimpin maka sifat dan karakter yang perlu dibangun atau terbangun dengan sendirinya adalah memiliki jiwa kepemimpinan, kemampuan manajeman, gaya bicara yang kharismatik dll.

what we think,we become
( Buddha )

Jadi apakah tujuan besar Anda?

Apakah tujuan kecil Anda?

Bagaimana rencana pencapaian tujuan Anda?

Apa saja to do list Anda?

Bagaimana cara melakukan to do list?

Sifat, karakter, kebiasaan apa yang dibutuhkan untuk melakukanya ?

Penulis: jopik

Foto Profil dari jopik

One comment

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...