Motivasi / Manajemen Diri / Lingkaran Setan Kemaksiatan

Lingkaran Setan Kemaksiatan

Entah sebenarnya darimana datangnya istilah unik bin ajaib ini, lingkaran setan, bukan berarti ini lingkaran milik setan ya :D kasian setannya dituduh yang enggak-enggak. Lingkaran setan ini maksudnya adalah lingkaran yang menguhubungkan masalah dengan masalah yang tak berujung. Misalnya saja seperti lingkaran setan kemiskinan, lingkaran setan kenapa banyak para pejabat korupsi, dan masih banyak lagi seterusnya.

Ternyata kemaksiatan juga memiliki bentuk sebelas dua belas seperti lingkaran setan, kemaksiatan terjadi juga memiliki siklus yang terkait satu sama lain dan tiada berujung. Dan jika ingin memutus rantainya juga susah minta ampun khas lingkaran setan.

Mula-mula timbul rasa pengen ngelakuin maksiat udah di ubun-ubun, yang namanya nafsu kalau tidak bisa mengendalikannya bakalan nurutin apa aja kata nafsu, nafsu pengen itu, dilakukan, nafsu pengen ini, dilakukan. Pokoknya apa aja kata nafsu, tunduk melakukan apa saja.

Dan setelah melakukan maksiat, nafsu sudah terpenuhi dan terpuaskan, baru muncul deh setelah itu rasa penyesalan kenapa juga tadi sampai-sampai melakukan maksiat, coba bisa menahannya, okelah ini adalah yang terakhir kalinya, nanti ngak lagi-lagi, gue janji. Penyelasan memang datang di akhir, kalau datang di awal namanya registrasi, becanda :).

Tapi, penyesalan tinggal penyesalan, janji berhenti stop maksiat tinggal janji ompong, ketika penyesalan udah mulai mereda, besoknya lagi keinginan bermaksiat sudah kembali menyerang, nafsu kembali menyopir perilaku danĀ  lagi-lagi bablas. Setelah selesai maksiat baru nyesel lagi kenapa sampai ngelakuin maksiat, selanjutnya terulang lagi begitu terus menerus ngakĀ  ada ujungnya, mirip banget kayak lingkaran setan.

Lingkaran Setan Kemaksiatan

SOLUSINYA

Solusinya cuma satu, udah putusin aja itu rantai kemaksiatan, PUTUSKAN UNTUK BERHENTI MAKSIAT. Memang susah untuk memutus mata rantai lingkaran setan, jika tidak ada kata bersungguh-sungguh maka bakalan tetap kokoh aja itu lingkaran setan.

So, jangan jadikan dalih demi dalih, alasan demi alasan untuk melaksanakan maksiat, sebelum nantinya bakalan kecanduan sama lembah nista maksiat. Jikalau sudah terlanjur tercebut, ayo guys kuatkan tekatmu, keep fighting, pokoknya stop maksiat, titik tanpa koma, jangan ditunda-tunda lagi ya :)

Penulis: Manshuri Yusuf

Foto Profil dari Manshuri Yusuf

3 comments

  1. Foto Profil dari reandrra46

    sifat dasar manusia…..its hard to change but at least yeah u have a faith in your heart

  2. Kebenaran mutlak tidak bisa di bengkokkan,dan apa di dalam itu adalah iman….

  3. jangan menyesal dalam melakukan maksiat, insya allah anda bosan dan meninggalkannya

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...