Motivasi / Motivasi Diri / Ayo Membentuk Kepribadian Kita! (Part 1)

Ayo Membentuk Kepribadian Kita! (Part 1)

 Membentuk kepribadian merupakan salah satu sarana untuk menghubungkan diri sendiri agar lebih berkembang dan mulai mengerti serta mengetahui apa kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam diri kita. Sebenarnya kepribadian bukan bahasan yang sederahana. Tulisan ini khusus buat saya pribadi dan kita sebagai remaja agar dapat memahami diri sendiri dan memandang berbagai kepribadian yang satu sama lain berbeda-beda dari sudut pandang yang lebih detail, akurat dan jelas.

Menurut berbagai teori psikolog tentang bahasan yang membentuk kepribadian kita dalah sebagai berikut:

1. Kepercayaan dan Landasan Berfikir

Kunci dasar pemikiran yang ada dalam diri kita adalah pengetahuan mengenai berbagai bidang dan dasar-dasar perilaku yang kita ketahui serta  yang sedang kita pelajari. Kepercayaan dan landasan berfikir akan menjadi suatu dasar pemikiran dan tingkah laku serta tindakan kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Apapun yang kita percayai akan menjadi kunci dasar dalam kita bersikap, tingkah laku, bertindak, menilai sesuatu hal dan mengambil keputusan. Jika dasar kepercayaan dalam diri kokoh maka perilaku kita akan tumbuh berkembang dan terarah.

Jika ingin berhasil dalam menjalani kehidupan, maka hendaklah kita sebagai remaja berpegang teguh dalam nilai-nilai islam agar bisa mengatasi semua masalah dalam hidup. Karena sesungguhnya islam merupakan kunci dari berbagai ilmu pengetahuan yang ada. Salah satunya kitab suci Al-Quran dan Hadist yang menyimpan seluruh informasi apapun. Jika keduanya bisa mengakar dalam diri kita dan menjadi landasan dalam hidup, hendaklah untuk mempelajariya dengan sungguh-sungguh dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Motivasi Hidup

Motivasi hidup merupakan suatu dorongan yang mengakar dalam  diri untuk tujuan yang kita inginkan. Motivasi sebagai kunci untuk menyemangati diri menuju satu titik nyaman dalam kehidupan. Tindakan kita tergantung motivasi apa yang kita laksanakan. Tanamkan motivasi dqlam diri kita sebagai ibadah maka hidup akan terarah dan menuju jalan yang benar.

Cara menjadikan hidup menjadi ibadah yaitu kita harus mengoreksi ibadah kita sudah baik atau belum. Setelah itu, kita bisa melakukan berbagai kemajuan dalam menjalani kehidupan. Maka hidup kita akan terus bergerak maju dan mendekatkan pada tujuan dan keberhasilan yang kita inginkan.

3. Pandangan Hidup

Pandangan hidup merupakan memandang masalah dalam hidup dengan kacamata apa kita mengartikan hidup dan persoalan yang kita hadapi. Persepsi yaitu cara kita dalam memandang kehidupan yang kita jalani. Biasanya pandangan hidup bisa dilihat oleh orang lain ketika kita memandang suatu persoalan. Pandangan hidup adalah sistem pemikiran yang membentuk kepribadian dalam diri kita. Selain itu, keterampilan dalam menyikapi pandangan hidup akan dapat membantu dalam menghadapi berbagai masalah.

Jangan sampai lupa jeli memandang berbagai masalah. Dengan kejeliaan kita bisa menghadapi persoalan, menjawab berbagai masalah dan mewujudkan perbuatan dengan lebih baik. Jika kita salah dalam melihat suatu masalah maka kita akan terjebak dalam masalah tersebut. Maka dari itu, mudahkanlah hidup dengan selalu melatih diri agar menjadi lebih jeli. Jangan pakai emosi karena akan mempengaruhi cara pandang kita, usahakan untuk menyeimbangkan rasio.

Sudahkah kita melakukannya? Ayo kita belajar bersama-sama …

 Bersambung …

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...