Motivasi / Manajemen Diri / Belajar Bersikap Dalam Menjalani Kehidupan

Belajar Bersikap Dalam Menjalani Kehidupan

Sikap merupakan sesuatu yang akan muncul secara alamiah tanpa ada sebab dan akibat tertentu. Sikap itu terbentuk melalui proses demi proses. Sikap juga mencerminkan isi hati dan perasaan yang kita alami. Dalam pembentukkan sikap banyak komposisi yang mempengaruhi, diantaranya: pengaruh dari orang lain dan pengaruh dari lingkungan sekitar serta dipengaruhi dari sebuah evaluasi diri sendiri atas sebuah peristiwa dan menyikapi dengan pendapat atau opini.

Sikap merupakan jiwa psikologi sosial yang dimiliki setiap manusia. Karena sikap akan terbentuk melalui interaksi sosial, lingkungan sekitar dan sifat-sifat yang signifikan dari orang tua. Maka dari itu, kita harus bisa melatih dan belajar berperilaku dan bersikap dalam kehidupan agar nanti setiap sikap yang kita munculkan bersifat positif dan membuat masyarakat atau orang lain tidak merasakan keburukan atau negatif atas sikap kita.

Ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk belajar bersikap, antara lain:

–    Jujur

Jujur merupakan faktor utama dan kunci dalam bersikap. Karena dengan jujur, kita menyikapi apapun bisa terlihat jelas tanpa ada rahasia sedikit pun.

–    Tidak berprasangka

Hal ini penting karena sikap itu dari hati dan jangan sampai sebelum bersikap kita sudah berprasangka entah itu baik atau buruk. Itu tidak diperbolehkan.

–    Mengikuti kata hati

Dalam bersikap ikutilah kata hati kita berbicara karena kata hati selalu benar dan sesuai apa yang kita dengar.

–    Berprasangka baik

Bersikap itu harus menerapkan prasangka yang baik agar setiap kita membangun tingkah laku dan sikap terasa nyaman tentang hal-hal yang sudah yakin kebenarannya kapan pun dan di aman pun.

–    Belajar tentang banyak hal

Pengetahuan dan pengalaman akan membentuk sikap jujur dan yakin serta bisa membedakan mana yang salah dan yang benar.

–    Meyakinkan diri sendiri

Keyakinan pada diri sendiri akan tumbuh dengan memahami cara, tujuan, niat dan rasa percaya pada diri sendiri. Jika sudah yakin pada diri sendiri maka apapun yang dikatakan orang lain akan menjadi pelajaran dan kuat serta bisa menghadapi sesuatu hal dengan baik dan benar.

–    Selalu bersikap terpuji

Sikap terpuji meliputi, percaya diri, yakin, sadar diri, waspada dan menerima diri sendiri. Itu merupakan kunci dan bunga sebuah keimanan dalam hati dan selalu untuk diisi dengan ibadah dan melaksanakan perintah Tuhan serta menjauhi larangan Tuhan dengan baik dan benar.

–    Belajar dari kitab suci dan buku pengetahuan

Mempelajari kitab suci dan buku pengetahuan lalu mempraktekkan, secara otomatis kita akan menjadi orang yang bisa bersikap dan perilakunya menjadi tauladan dalam lingkungan. Ini juga merupakan cara bersikap dan percaya diri yang asli dan suci serta tumbuh dalam diri sendiri.

Belajar dalam bersikap itu sangat penting dalam kehidupan karena sikap merupakan cermin dan kiasan yang akan dinilai oleh masyarakat dan lingkungan atas semua tingkah laku dan perbuatan yang kita lakukan sehari-hari.

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...