Motivasi / Manajemen Diri / Ini Dia Cara Jitu Menyiasati Kerja Lembur

Ini Dia Cara Jitu Menyiasati Kerja Lembur

Kita sebagai manusia butuh adanya pekerjaan yang mapan dan bisa memenuhi kebutuhan diri sendiri dan keluarga. Setidaknya bisa menjadi penghasilan pokok setiap harinya. Dalam sebuah pekerjaan butuh professionalitas untuk menjalaninya mulai dari berangkat kerja, ketika di dalam kantor atau di dalam lapangan, ketika melaksanakan pekerjaan dengan teliti, disiplin dan selalu tepat waktu. Mementingkan kepentingan perusahaan dari pada kepentingan pribadi. Itu yang diharapkan dari setiap pekerja yang sudah terikat kontrak dalam sebuah perusahaan.

Hal ini juga harus diterapkan ketika ada jam tambahan dan proyek lagi banjir orderan atau yang disebut dengan kerja lembur. Kita sebagai pekerja harus bisa bijaksana dalam menjalani sebuah pekerjaan dengan jam utama yang sudah ditentukan dengan jam tambahan / overtime yang tiba-tiba datang. Walaupun tubuh lelah dan capek namun bisa menguntungkan bagi kita yaitu mendapatkan uang tambahan di gaji pokok. Selain itu, lembur juga bisa menjadikan pekerjaan kita lebih professional dalam menghadapinya. Ini perlu adanya tenaga yang maksimal untuk menghadapi lembur kerja. Jangan sampai lupa untuk memberikan asupan bagi tubuh baik jasmani maupun rohani agar ketika menjalankan lembur tidak mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti, hasil yang berantakkan dan sakit di tengah-tengah lembur.

Ada beberapa cara untuk menyiasati lembur agar mendapatkan hasil yang maksimal dan semangat dalam menjalaninya, di antara lain:

  • Sebelum melaksanakan lembur, jangan lupa untuk mengisi asupan dalam tubuh dengan makan terlebih dahulu.
  • Sediakan minuman terutama air putih untuk keseimbangan ketika berlembur.
  • Sediakan makanan ringan atau cemilan karena untuk menjaga konsentrasi agar lebih terpacu.
  • Sediakan alat hiburan, bisa berupa musik atau apapun yang kita sukai dan sebagai hiburan di saat jam lembur.
  • Utamakan kerjaaan yang mudah terlebih dahulu dan akhiri dengan pekerjaan yang sulit supaya nanti bisa berjalan dengan lancar dan mencari sumber atau data yang valid agar lebih mudah.
  • Bisa memiliki terget dalam sekian jam harus selesai agar acuan semangat terjaga namun jangan sampai dipaksakan sebisanya saja.
  • Selalu mentaati perintah atasan saat mendapatkan lembur dalam jumlah sedikit atau banyak.
  • Jangan banyak protes langsung bertindak segera.

Memang suasana overtime harus bisa dijaga dan dipelihara sebaik mungkin agar nanti ketika lembur sudah kita laksanakan mendapatkan hasil yang maksimal dan mengecewakan diri sendiri terutama pihak perusahaan.

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...