Motivasi / Kepribadian / Pentingnya dan Cara Mananamkan Kesan Pada Diri

Pentingnya dan Cara Mananamkan Kesan Pada Diri

Menanamkan kesan merupakan suatu cara yang kita usahakan untuk orang lain agar setiap kehadiran dan kedatangan kita di suatu tempat menjadi berharga bagi mereka. Tidak semua hal akan menimbulkan kesan. Kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk menjadikan kehadiran kita lebih berarti di mana pun kita berada dan apapun yang kita lakukan.

Kita ambil contoh saja dalam menanam kesan dengan orang lewat perkenalan. Ketika kita akan berkenalan dengan orang lain pasti orang tersebut sudah memberikan kesan tertentu yang dapat menilai kehadiran kita berdasarkan cara mereka. Suatu kesan akan ditangkap orang lain selama sepersekian detik. Maka dari itu, ketika kita akan berkenalan dengan orang lain jangan sampai mimik muka kita menimbulkan efek negatif pada orang yang akan kita ajak kenalan. Gunakan senyuman dan rasa percaya diri tanpa ada beban ketika kita akan berkenalan. Begitu pula ketika kita sudah berjabat tangan, berikan sentuhan lembut dengan bertegur sapa, sopan dan segera mengakrabi mereka dengan membahas suatu hal yang membuat mereka tertawa atau senang.

Jika kita mempunyai kepribadian yang mengesankan maka kita akan bisa meninggalkan kesan yang baik. 

Pembentukkan dan memaksakan kesan pada diri itu tidak bisa dilakukan. Jika kita mempunyai sifat dan sikap dalam hati yang positif dan baik, maka kebaikkan yang ada dalam hati kita akan terpancar ke luar menjadi perilaku dan perbuatan positif dan baik yang kita lakukan. Dengan secara otomtis kita tidak susah payah atau berpura-pura untuk menanam dan mendapatkan kesan yang baik. Begitupun dengan kesan yang dibuat-buat tidak akan berjalan dengan lancar dan hanya menimbulkan masalah saja. Kesan yang berasal dari dalam hati pasti menumbuhkan perasaan dan perbuatan yang tenang dan nyaman untuk orang lain bahkan masyarakat luas.

Maka dari itu mendapatkan kesan yang baik tidak dilihat dari kecantikan dan ketampanan dari luar namun kecantikan dalam hati. Jika kita ingin mempunyai pribadi yang mengesankan, kita harus menata hati dan jiwa agar menjadi bersih dan bening serta selalu berfikir positif. Di situ kita pasti menjadi pribadi yang mengesankan dan mempesona.

Ada cara ampuh untuk menanamkan kesan dalam diri kita, antara lain:

  • Berani untuk memulai dan mengawali perkenalan di mana pun kita berada karena orang yang mengawali perkenalan akan lebih terkesan dan dirasakan setiap kehadirannya.
  • Harus menghargai orang yang kita temui. Entah itu dalam keadaan apapun. Jangan sampai sedikit saja walaupun dalam hati untuk mengejek atau berfikiran negatif pada mereka.
  • Berperilaku ramah di mana pun kita berada. Dengan siapa pun kita berinteraksi. Bisa bijaksana¬† ketika dengan orang yang berumuran di bawah kita dan orang yang tua dari kita.
  • Harus mempunyai sikap sabar dan jangan sekali-kali berkomentar atau berprasangka dengn hal yang buruk karena sikap sabar lebih mengesankan dan menimbulkan sikap nyaman di hati orang lain.
  • Selalu berbusana rapi dalam berbagai acara karena busana akan menumbuhkan kesan kepada orang lain.
  • Menjaga perilaku yang sesuai aturan dan sopan karena akan menjadi penilaian orang lain dalam menumbuhkan kesan.
  • Menjaga tata krama dan tingkah laku kita.
  • Selalu tersenyum karena senyuman merupakan satu simbol keramahan, membuat kedamaian dan perbedaan yang baik di hati orang lain.
  • Berprestasi sebagus dan sebanyak-banyaknya dalam hal apapun. Karena orang yang berprestasi akan lebih dihargai orang lain
  • Berkarya dalam bidang apapun asal asli dan orisinil karena karya kita akan dibaca oleh orang lain dan akan menimbulkan kesan yang baik jika karya kita jujur dan tidak menjiplak.

Memang menanamkan kesan pada diri butuh proses panjang, yang terpenting kita harus bisa menata hati yang bening, positif dan selalu berbuat baik. Maka kesan akan tumbuh dengan sendirinya.

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...