Motivasi / Manajemen Diri / Cara Memilih Nasihat Yang Baik

Cara Memilih Nasihat Yang Baik

   Ungkapan dalam hati atau ungkapan yang diucapkan oleh orang lain yang dekat atau kita baru kenal merupakan nasihat yang harus kita dengarkan dan kita terapkan untuk mengubah hidup dan kelakuan kita di dunia. Nasihat ada yang menjerumuskan dan ada yang menuntun kita dalam kebaikkan. Semua haruslah kita pelajari satu per satu agar kita tidak salah faham dalam setiap nasihat yang masuk di dalam kehidupan dan waktu kita nantinya.

    Nasihat yang baik adalah ungkapan yang membuat kita mendapatkan sisi positif dan pelajaran yang berharga untuk mengubah pola hidup dan kelakuan kita agar lebih baik lagi. Dalam nasihat baik banyak kata-kata mutiara yang harus kita terapkan dan kita amalkan dengan sebaik-baiknya untuk mengubah kita menjadi lebih dewasa dan lebik dari yang lalu. Jadikan nasihat baik dalam diri kita satu ungkapan dan dorongan semangat dan bisikan malaikat yang menuntun kita ke jalan yang lurus dan benar. Alangkah indahnya jika di sekitar kita banyak yang menasehati dan memberi saran yang baik dan membangun bagi diri kita bukan untuk hal negatif yang mengejek kita dan menghina kita dan membuat kita terjatuh dan putus asa dalam menghadapi kehidupan.

    Ada banyak yang menghambat jalan yang kita terapkan dengan mengejek dan menghina kita serta mengungkit masa lalu kita yang jelek. Semua tergantung kita bagaimana menyikapinya. Itu jangan sampai kita ambil mentahnya saja. Pilih yang baik dan buang yang buruk. Jika ada yang mengungkapkan seperti itu, kita terima dengan lapang dada lalu kita sanggah dengan bahasa yang santun agar mereka tidak tersinggung karena mereka iri dan ingin seperti kita dan mau menang sendiri. Langkah awal yang harus kita terapkan adalah menyikapi setiap nasihat dengan santun dan sopan dan menangkap nasihat yang baik saja.

   Maka dari itu, nasihat baik dalam setiap orang itu berbeda-beda tergantung kita bisa memilahnya atau tidak dan tergantung orangnya akan menyemangati atau menghancurkan kita. Jadi dalam hal nasihat baik, kita harus bisa bersikap dan melakukan nasihat itu di dalam jalan hidup kita agar menjadi orang baik dan hebat.

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...