Motivasi / Motivasi Diri / Makna Sumpah Pemuda Di Kalangan Pesantren

Makna Sumpah Pemuda Di Kalangan Pesantren

Sumpah pemuda yang selalu diperingati setiap tanggal 28 Oktober yang sudah dilaksanakan kemarin, membuat para pemuda bangsa terutama masyarakat Indonesia tergugah dan selalu mengikrarkan panji-panji janji yang akan mereka berikan hanya untuk bangsa Indonesia. Selain itu, mereka mensimbolisasikan hari para pemuda bangsa merupakan hari untuk merubah sikap dan tingkah laku bukan hanya para pemuda namun masyarakat Indonesia untuk selalu sadar diri, mawas dri dan bersikukuh menjunjung tanah air dan mempertahankan bangsa Indonesia dari penjajah baik dari dalam maupun luar.

 

Sumpah pemuda juga memberikan isyarat lebih untuk kalangan para pejabat negara agar segera merubah sistem pemerintahan yang lebih baik dan berkembang. Menggugah dewan KPK untuk memberantas korupsi di Indonesia lebih teliti dan lebih intens lagi. Menyadarkan rakyat Indonesia untuk menjunjung tinggi tanah air tercinta dengan selalu mencintai produk budaya Indonesia, mengurangi produk negara asing untuk masuk di Indonesia, mengembangkan kemampuan mereka untuk membuktikkan bahwa Indonesia merupakan negara berkualitas dan mengumandang harapan semoga Indonesia ke depannya menjadi bangsa yang lebih berdaulat, adil dan makmur.

 

Sumpah pemuda juga mengguyurkan semangat di kalangan pondok pesantren, khususnya para santriwan dan santriwati yang bermukim di sana. Selain itu, pengasuh, kiyai dan dewan guru menyuarakan aspirasinya atas kedatangan  28 Oktober untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan yang berbasis islam, kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

 

Ada beberapa makna yang tersirat di dalamnya menurut kalangan pesantren di seluruh Indonesia:

 Dari kalangan pengasuh dan pengajar pondok  pesanteran

 – Sebagai simbol untuk menggerakkan jiwa dan raga agar semakin berkembang dalam menjalani kehidupan dengan akhlakul karimah untuk memperbaiki bangsa yang buta atas kekuasaan.

– Sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas mengajar dan pembelajaran bagi para santri untuk masa depannya serta mengembangkan kemampuan yang dimiliki santri sebegai perwujudan para pahlwan islam dulu yang berjuang untuk bangsa Indonesia.

– Sebagai  cermin atas kebudayaan bangsa yang seperti boneka yang hanya menganut orang-orang besar saja bukan memantapkan prinsip bagi dirinya sendiri untuk mengembangkan bangsa Indonesia. Rakyat yang masih dijajah oleh bangsa asing dari dalam dengan produk-produk luar yang masuk secara bebas bukan mencintai dan membanggakan produk Indonesia.

 

Dari kalangan para santri pondok pesantren

– Sebagai perwujudan untuk selalu rajin belajar terutama dalam masalah agama agar selalu mengingat dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mewujudkan dengan ibadah yang lebih khusyuk dan berakhlakul karimah.

– Sebagai penyemangat untuk selalu belajar dalam ilmu umum dengan dasar keagamaan agar ilmu tersebut terarah dan mempunyai tujuan yang selalu diridhoi oleh Tuhan serta ketika menerapkannya bisa berjalan dengan lancar tanpa ada beban dan tergoda dengan kesesatan dan kegelapan dunia. Hanya untuk memperjuangkan menjadi pemuda Indonesia yang baik dan patut dibanggakan.

– Sebagai landasan pelajaran yang harus diterapkan dalam kehidupan baik untuk diri kita dan kalangan masyarakat. Menyatukan bangsa Indonesia dengan asas yang baik dan benar bukan asas yang mengandalkan harta dan kekuaasan. Menjadi pemuda Indonesia yang selalu taat pada peraturan dan selalu menjauhi keburukan dalam mengembangkan dan memperjuangkan bangsa Indonesia di mata dunia.

 

Itulah beberapa makna sumpah pemuda di kalangan  pesantren. Begitu semangatnya untuk melaksanakan ikrar pejuang dan pahlawan Indonesia di dalam kehidupan mereka. Maka dari itu, kita sebagai bangsa Indonesia harus siap memperjuangkan kemerdekaan Indonesia baik dari dalam maupun luar dengan kemampuan dan keahlian kita agar bangsa Indonesia menjadi bangsa hebat di dunia.

Indonesia Merdeka!

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

2 comments

  1. Foto Profil dari
    Uswatun Khasanah

    semangat sumpah pemuda!
    “Bangunglah JIWAnya bangunlah RAGAnya” untuk Indonesia raya.

  2. Mantap, sumpah pemuda

    Salam santri

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...