Motivasi / Manajemen Diri / Pentingnya Mengembangkan Sifat Sukses (Part 1)

Pentingnya Mengembangkan Sifat Sukses (Part 1)

Hidup yang menyenangkan tidak cukup bagi kita sebelum menemukan kesuksesan di dalamnya. Sifat sukses yang harus kita capai dalam hidup agar perjalanan kehidupan kita tumbuh menjadi manusia yang berhasil dan tidak menjadi manusia yang gagal dan hanya monoton tidak tumbuh berkembang. Ini yang perlu kita pelajari lebih lanjut.

Sukses dalam bidang apa yang kita inginkan? Itu yang perlu digaris bawahi untuk mengetahui berbagai sifat sukses yang mendukung di jalan kesuksesan dan diperlukan dalam berbagai bidang agar mudah berhasil. Sifat-sifat pendukung yang mengubah kepribadian kita menjadi seorang yang sukses bisa dipelajari bersama dengan tahap dan metode yang akan kita terapkan nantinya. Berikut ini sifat-sifat pendukung kesuksesan kita, antara lain:

 1. Bekerja Keras

Orang yang selalu bekerja keras pasti memiliki tekad dan daya tahan yang kuat. Kita harus mempunyai sifat seperti itu agar tahan ketika mengahadapi halangan, kuat menghadapi tantangan dan tidak mudah menyerah serta tidak akan mempunyai sifat malas. Selalu menyempatkan waktu luang dan waktunya hanya untuk bekerja dan bekerja. Kita tidak akan terlena dan merasa puas atas keberhasilan yang dicapai dan terus mencari keberhasilan yang lebih tinggi. Selain itu kita sebagai pekerja keras pasti terjun dalam berbagai macam bidang pekerjaan tanpa ada keluhan dan keberatan serta mampu menyesuaikan diri dengan baik dan benar pada pekerjaan dan melaksanakan pekerjaan kita tanpa ada beban dan rasa sungkan.

 2. Tekun

Orang yang tekun dalam hal pekerjaan selalu rapi dan teratur. Maka dari itu kita harus memiliki sifat ini agar ketika bekerja selalu terjadwal dan dapat melewati waktu yang telah kita tentukan tanpa ada rasa malas dan rasa jenuh di dalamnya. Biasanya orang yang tekun bekerja dalam suatu bidang yang membutuhkan rasa sabar, konsentrasi tinggi dan menghindari dari kesalahan-kesalahan dalam bekerja serta dapat mengatur diri dengan bijaksana sehingga pekerjaan selesai sesuai jadwal dan tepat waktu. Kita yang mempunyai sifat tekun pasti bisa memenuhi sebuah target dan mencapai sebuah sasaran serta memeberikan sistem kinerja yang stabil sesuai standart yang telah kita tentukan. Maka hasil pekerjaan kita selesai dengan baik dan kesuksesan akan datang sesuai dengan tujuan kita.

3. Selalu Berinisiatif

Inisiatif berarti selalu mulai terlebih dahulu atau bisa dikatakan pencetus pertama. Orang yang selalu berinisiatif pasti selalu memulai suatu pekerjaan tanpa memerlukan dorongan dari orang lain dan dapat bekerja sendiri serta menyelesaikan pekerjaannya dengan sendiri sampai berhasil. Orang yang mempunyai inisiatif pasti mempunyai sifat berani bertindak, cerdas dan mempunyai segudang pengalaman. Maka dari itu, pelajari betul sifat inisiatif agar melekat dalam diri kita.

4. Teliti

Orang yang mempuyai sifat teliti dalam pekerjaannya pasti selalu diperhitungkan secara detail dan tidak mau ada kesalahan sedikit pun. Biasanya orang teliti mempunyai sifat yang peka dalam menghadapi pekerjaan dan tidak bisa diganggu dengan hal-hal yang menghambat pekerjaannya. Selain itu sifat teliti akan membangun mereka dalam meraih kesuksesan dan dapat mengubah pola hidup menjadi lebih nyaman dan leluasa dalam bertindak. Maka dari itu, harus kita tanamkan sifat teliti dalam kehidupan kita.

5. Cekatan

Sifat cekatan merupakan sifat yang selalu mengedepankan tindakan yang cepat, sigap dan selalu efisien. Orang yang mempunyai sifat ini pasti ketika menangani suatu pekerjaan dengan cara singkat dan mudah dengan dasar kerajinan yang terus mereka asah di dalamnya. Selain itu orang yang cekatan pasti dapat menganalisa dan mengorganisasikan pekerjaannya serta jalan kesuksesan cepat tercapai. Tanamkan sifat ini dalam pekerjaan dan diri kita.

Apakah kita sudah mempunyai sifat di atas?

Kembangkan secara perlahan dan kita simak sifat-sifat yang lainnya

Bersambung …

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...