Motivasi / Manajemen Diri / Pentingnya Mengembangkan Sifat Sukses (Part 2)

Pentingnya Mengembangkan Sifat Sukses (Part 2)

Melanjutkan artikel sebelumnya, Pentingnya Mengembangkan Sifat Sukses (Part 1), sifat-sifat yang harus kita kembangkan untuk menuju jalan kesuksesan yang selanjutnya adalah:

6. Berani

Orang yang berani pasti pantang mundur dan bisa membela dirinya sendiri bahkan untuk orang lain. Orang yang memiliki sifat berani merupakan suatu hal yang positif dan pasti selalu siap untuk maju serta bisa bertanggung jawab dan tidak penakut dan pengecut. Biasanya sifat berani nampak terlihat jelas dalam kesehariannya. Seperti berani berbicara, bersikap dan berbuat. Karena memang orang berani pasti tampil di barisan pertama dalam setiap permasalahan. Bisa menghadapi hal-hal yang bersifat menantang untuk menyelesaikan masalah. Orang yang berani pasti akan ditunjuk dan diangkat menjadi soerang pemimpin. Namun jnagan sampai keliru menempatkan sifat berani karena bisa menimbulkan masalah jika kurang berhati-hati dan pertimbangan yang matang. Oleh karena itu, tanamkan dari dini sifat berani.

7. Pantang Menyerah

Orang yang memilki sifat pantang menyerah tidak akan sulit dalam menghadapi halangan dan rintangan dan selalu melakukan perbuatan yang membuat mereka mengalami kemajuan. Jika ada halangan, pasti mereka akan segera menyelesaikan dengan cara apapun agar bisa bergerak maju lagi. Sifat ini harus kita punya bahkan setiap manuisa harus punya. Karena akan menghindarkan kita dari kegagalan. Dalam sifat ini kita akan selalu belajar dan belajar karena sudah mendapatkan dorongan positif untuk terus maju tak hanya bertahan saja.

8. Cinta Ilmu

Orang yang selalu cinta ilmu pasti selalu berusaha untuk memperkaya pengetahuan dan pemikiran yang luas serta selalu mengupayakan diri untuk memilki wawasan yang luas melalu membaca, menyimak dan selalu mempelajari beranekaragam bidang ilmu serta berita terbaru di masyakarat. Biasanya sifat ini akan mendorong untuk selalu belajar dan menjaga agar tidak sombong atas ilmu yang dimiliki. Dari sifat seperti itulah bisa mendorong untuk lebih maju. Mulai sekarang tanamkan betul sifat cinta ilmu dalam diri kita.

Selain itu, manfaat dari cinta ilmu juga akan membuat kita berbeda dengan yang lainnya, melakukan pekerjaan yang lebih maju dan bisa berbincang-bincang tanpa ada rasa canggung dengan seluruh kalangan orang dalam berbagai bidang. Hal ini akan menimbulkan luasnya pergaulan. Orang yang cinta ilmu pasti dalam hatinya dan tindakan mereka akan selalu berusaha untuk mengamalkan ilmu mereka dan diajarkan dengan orang lain.

9. Bekerja Secara Cerdas

Bekerja secara cerdas berarti bisa melakukan pekerjaan dengan memahami berbagai peluang usaha dan celah yang dapat dimanfaatkan agar pekerjaan cepat selesai dengan cara yang lebih mudah dan sederhana. Dalam hal ini kita harus bisa efisien dengan waktu serta bisa menghemat daya tenaga. Maka dari itu terapkan bekerja secara cerdas dalam pekerjaan kita. Bekerja cerdas harus mempunyai sifat jeli dan insting yang kuat, bisa bekerjasama dengan orang lain dengan tenang dan nyaman serta pandai dalam mendelegasikan suatu pekerjaan. Selain itu kita butuh adanya ketangkasan yang dikombinasikan antara kecepatan dan ketepatan. Bekerja cerdas adalah kunci kesuksesan yang sudah diterapkan di zaman sekarang. Banyak orang yang bekerja dengan ikut perusahaan namun mereka juga bisa memanfaatkan kerja sampingan yang tidak mengganggu waktu dari pekerjaan utamanya. Itulah bekerja cerdas.

10. Inovator 

Inovator berarti suka memunculkan terobosan baru. Orang yang berinovator berarti orang tersebut suka melakuakn kemajuan dalam berbagai bidang. Mereka menginovasikan suatu pekerjaaan dengan kreatifitas dan kepekaan dalam mengatasi masalah dan problem di masyarakat. Kita ambil contoh saja  Henry Dunant yang memulai gerakan pelang merah sedunia untuk menyelamatkan seluruh korban perang yang ada di dunia. Itu cara mereka untuk melepaskan orang-orang yang menderita dengan bantuan inovasi tersebut. Maka dari itu, modal awal kita tumbuhkan rasa inovator dalam diri kita.

Apakah kita sudah termasuk mempunyai sifat sukses?

Mulai terapkan dalam kehidupan kita.

Bersambung …

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...