Motivasi / Manajemen Diri / Pentingnya Mengembangkan Sifat Sukses (Part 3)

Pentingnya Mengembangkan Sifat Sukses (Part 3)

Lanjutan dari artikel Pentingnya Mengembangkan Sifat Sukses Part 1 dan 2. sifat-sifat berikutnya yang mendukung kita menuju jalan kesuksesan adalah:

11. Mandiri

Sifat mandiri harus kita tanam mulai dari dini dari masa remaja karena menjadi dasar dalam perkembangan diri menjelang masa dewasa. Sifat mandiri yang utama yaitu mandiri secara emosional terdahap pendapat orang tua. Bisa merasakan perasaan mana yang disukai dan mana yang tidak disukai dan berbeda dari orang lain.  Mandiri yang menjadi yang selanjutnya adalah mandiri dalam hal berperilaku. Kita harus bisa mengetahui apa yang kita inginkan atau tidak dan bisa bertanggung jawab dalam tindakan kita. Selanjutnya kita harus mempunyai sifat mandiri secara ekonomi di masa mendatang. Bisa dilaksanakan dengan belajar bekerja, belajar mengelola usaha sendiri dan terutama bisa mengelola keuangan pribadi. Karena sifat mandiri adalah sifat dari diri sendiri tanpa ada bantuan orang lain. Lewat sifat mandiri kita bisa mengembangkan sifat-sifat yang lainnya.

12. Penemu/ Inventor

Seorang invetor pasti mengetahui apa yang diinginkan dan menangkap dengan jeli kebutuhan masyarakat. Mereka akan menemukan suatu alat yang bisa memudahkan masyarakat dengan biaya yang terjangkau dan bisa menyenangkan bagi mereka. Biasanya seorang penemu pasti mempunyai sifat inisiatif, rasa ingin tahu yang tinggi dan selau berani untuk memulai penelitian sebagai usaha penemuannya. Maka kita harus berusaha untuk menjadi seorang penemu dengan menumbuhkan kreatifitas, memilliki ide sendiri dan mengembangkan karya kita yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan sukses dalam pertumbuhannya.

13. Disiplin

Orang yang disiplin pasti akan selalu tepat waktu dalam pekerjaannya dan bergerak dengan dasar waktu yang dimilki serta memenuhi target yang dibuat sehingga pekerjaannya selesai dengan puas dan sempurna. Kita tanamkan sifat disiplin dengan membuat jadwal pribadi tentang berbagai kegiatan kita dalam sehari. Tanamkan pula janji pada diri sendiri untuk mentaatinya dan tepat waktu dalam mengerjakannya. Biasakan seperti itu mulai dari remaja agar kelak tua tidak kerepotan karena semakin banyak tanggung jawab. Sifat disiplin akan membantu kita dalam mengelola hidup.

14. Menguasai Teknologi/Teknokrat

Teknokrat berarti menguasai bidang pengetahuan dan bidang menerapkannya. Teknokrat pasti dibutuhkan dimana pun untuk mengajarkan ilmunya.  Untuk menjadi seorang teknokrat, awalnya kita harus mempelajari berbagai bidang teknologi lalu perdalam satu teknologi yang kita ketahui sampai menjadi ahli. Pelajari teknologi yang terkini agar ilmu teknologi kita menjadi terampil. Jika seperti itu, kita akan mudah menemukan lapangan kerja dan memiliki keterampilan lebih dari yang lainnya. Terpenting teknokrat harus mempunyai orientasi maju dan bekerja dengan cerdas serta mampu melakukan berbagai macam tugas dengan kemampuan kita.

15. Penyelidik/Investigator

Orang yang suka menyelidik pasti berani dan jeli dalam mengamati dan mencari sebuah informasi. Sifat penyelidik biasanya berkembang dari jiwa seorang yang suka berpetualang. Bukan sesuatu yang buruk memiliki jiwa-jiwa petualang malah menjadi pendorong untuk menggapai kemajuan di bidang ilmu pengetahuan. Dari sifat tersebut, maka kita akan menemukan fakta dari apa yang kita selidiki dan bisa mengungkapkan kebenaran suatu kondisi atau kasus lingkungan yang sedang kritis.

16. Pemimpin

Orang yang mempunyai jiwa pemimpin pasti orang tersebut akan menghimpun banyak orang dan mengerahkan mereka dalam suatu tujuan tertentu. Karena memang sifat kepemimpinan berbeda dan lebih menonjol dari yang lain. Orang yang mempunyai jiwa pemimpin pasti mempunyai bakat yang tinggi dan dimana pun mereka berada selalu dijadikan ketua. Kita bisa belajar jadi pemimpin mulai dari hal-hal kecil seperti, menjadi imam dalam sholat dan mengorganisir kegiatan sekolah. Cobalah untuk melaksanakan satu peran dengan baik. Semakin baik kita memimpin semakin baik hasil yang kita dapatkan. Itulah jiwa-jiwa pemimpin.

Itulah penguraian sifat-sifat yang mendukung kita dalam jalan kesuksesan. Semoga kita bisa belajar dan mengembangkan serta mempraktekkan langsung sifat-sifat di atas dalam kehidupan kita.

Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...