Motivasi / Manajemen Diri / Peran dan Tugas Perkembangan Para Remaja

Peran dan Tugas Perkembangan Para Remaja

Masa remaja merupakan masa yang labil dalam menjalani sebuah kehidupan. Perkembangannya pun sangat pesat tergantung lingkungan dan cara pergaulannya. Ini yang perlu digaris bawahi dan harus diterapkan secara baik dan benar jangan sampai terjerumus dalam hal-hal yang negatif dan merugikan bagi remaja dan masa depannya. Butuh peran penting yang bisa dikembangkan dan itu adalah tugas utama sebagai remaja yang akan menindaklanjuti kehidupan nantinya. Jika di dalam masa remaja sudah terbiasa berperan penting dalam dirinya sendiri, di keluarga maka akan terbiasa dalam peran di masyarakat. Jika dalam masa remaja selalu bersikap positif pada diri sendiri dan setiap tindakan maka di masyarakat akan menjadi tolak ukur dan mudah untuk berkomunikasi dan berinteraksi.

Dalam hal ini yang merupakan peran dan tugas para remaja untuk lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

Membuat hubungan antara teman baik itu laki-laki atau perempuan lebih dewasa dan menghindari hubungan yang tidak baik dan melanggar norma.

  1. Saling memahami dan mengerti dalam berinteraksi baik laki-laki atau perempuan serta saling menjaga sikap ketika berperan di dalam masyarakat.
  2. Menerima apa adanya atas pertumbuhan masa remaja yang satu sama lain akan berbeda dan selalu menjaga tubuh dengan memeliharanya setiap hari.
  3. Tidak selalu menggantungkan orang tua dalam menghadapi masalah dan bisa mengambil keputusan yang tepat serta memecahkan masalah dalam hal apapun.
  4. Bersikap mandiri dalam hal belajar mencari pekerjaan dan kegiatan yang menghasilkan uang.
  5. Dapat memilih impian dan cita-cita dengan mempelajari dan membuktikannya.
  6. Bisa mengerti dan belajar berumah tangga dalam keluarga.
  7. Selalu mementingkan kepentingan sosial dengan membantu masyarakat dan orang yang membutuhkan.
  8. Dapat mengembangkan kebiasaan yang baik atau hobi dalam masyarakat dan bermanfaat untuk masyarakat.
  9. Bijaksana dalam memposisikan diri pada dirinya sendiri dan masyarakat serta lingkungan sebagai anggota atau sebagai perangkat lainnya di dalam masyarakat.
  10. Bersikap yang sopan, santun dan mempunyai tata krama dengan selalu belajar untuk mengubah diri dalam hal kebaikkan.

Tugas dan peran sebagai remaja seperti ini harus kita lakukan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar perkembangan dalam masa remaja selalu menuju ke arah yang positif dan mempunyai wacana serta kemandirian dalam masa mendatang.

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...