Motivasi / Lain-lain / Rancangan dan Rencana

Rancangan dan Rencana

Setiap manusia dalam menjalani kehidupan pasti mempunyai sebuah mimpi yang ingin terwujud di  masa depan dengan mengukir perjuangan mulai dari dini. Dalam mimpi tersebut pasti ada sebuah rancangan dan rencana atau hal-hal yang bisa mendukung dan membuat mimpi itu bisa menjadi kenyataan. Hal ini berpengaruh karena sebuah mimpi butuh adanya rancangan dan rencana namun jangan sampai terlalu dan terlena untuk merencanakan mimpi tapi harus bisa merancang mimpi tersebut dan segera dilaksanakan.

Perbedaan rancangan dan rencana dalam sebuah kehidupan

Rancangan dan rencana beda tipis dalam perbedaannya namun keduanya sangat mendukung dalam hal menggapai impian. Oleh karena itu, kita harus bisa memilah dan mengerti perbedaan antara keduanya. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

 

Rancangan merupakan suatu usaha atau kegiatan yang akan dilakukan namun masih dipendam di dalam hati. Dalam sebuah rancangan pasti ada rekaman atau langkah-langkah yang akan ditempuh nantinya namun hanya diingat saja. Ketika akan melaksanakan sebuah rancangan pasti dilakukan secara langsung dan dibuktikan dengan segera tanpa menunda waktu yang ada. Karena memang rancangan adalah sebagaian dari dorongan dan bisikan hati yang ingin segera diungkapkan.

 

Rencana merupakan suatu usaha atau kegiatan yang diungkapkan secara langsung berupa cerita sebelum melaksanakan usaha atau kegiatan tersebut. Dalam rencana banyak sekali tulisan atau skema yang dibuat dan disusun secara rapi baik berupa tulisan atau dibicarakan dengan keluaraga atau orang lain yang bisa dipercaya. Namun dalam hal melaksanakannya, sangat sulit untuk segera membuktikan karena sudah diungkapkan terlebih dahulu. Biasanya orang yang berbicara sebelum melaksanakan akan gagal total dalam hal pembuktiannya.

 

Kita harus hati-hati dan bijaksana dalam menjalani kehidupan dengan berbagai rancangan dan rencana yang ada. Harus bisa memilih dan menyusun secara detail dan segera melaksanakan. Hendaknya jangan sampai dibicarakan dulu dengan orang lain. Jika kita mempunyai mimpi, kita pendam lalu kita rancang mimpi itu sebaik mungkin, lalu segera untuk melaksanakan rancangan tersebut dengan berbagai kegiatan atau usaha yang mendukung mimpi kita. Pada saat melakukan kegiatan tersebut, boleh kita merencanakan kegiatan yang akan berjalan namun jangan sampai terlarut dalam sebuah rencana saja. Kegiatan dan rencana harus dilaksanakan secara bersama-sama. Ini penting sekali dalam menjalani kehidupan untuk merancang dan merencanakan sesuatu hal yang membuat hidup kita indah dan mempunyai bobot di masa depan.

 

Boleh saja kita menulis mimpi kita tapi jangan sampai orang lain mengetahui tulisan tersebut. Karena itu adalah sebagaian dari rancangan dan rencana yang akan dilakukan nantinya. Kita angan-angan tulisan tersebut lalu segera membuktikan rancangan yang kita buat. Jangan sampai menunda waktu yang ada dan merusak rancangan yang sudah direncanakan. Agar mimpi dan cita-cita yang ingin kita raih segera terbukti dan menjadi nyata. Ini penting sekali untuk diterapkan mulai dari dini agar nanti tidak terbengkalai saat sudah menginjak usia lanjut dan kehidupan yang akan kita jalani tercipta suasana damai, sejahtera dan sukses.

Maka dari itu, jangan sampai kita meremehkan rancangan dan rencana dalam menggapai dan menjalani kehidupan. Karena keduanya adalah kunci utama kita bisa mencapai dan menggapai mimpi dan cita-cita. Bayangkan, tulis, susun secara detail dan rapi lalu buktikan. Maka dari situ kita akan merasakan apa rahasia yang ada di dalam sebuah rancangan dan rencana dalam menjalani kehidupan.

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

2 comments

  1. Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja

    Malah ada pemeo, tidak merencanakan sesuatu berarti merencanakan kegagalan. Bagaimana pun, kita memang tidak ada salahnya berencana. Selebihnya, tentu ada kausalitas, dan itu bagian dari risiko kehidupan.

    • Foto Profil dari Nastain Achmad

      Itu bisa dikatakan rancangan karena masih belum dilaksankan tapi kalau rencana itu memang belum dilaksanakan tapi sudah dibicarakan oleh orang lain. Biasanya rencana banyak gagalnya kalau rancangan itu lebih spesifik. Salam.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...