Motivasi / Motivasi Diri / Trik Menghilangkan Kejenuhan, Buktikan Keampuhannya!

Trik Menghilangkan Kejenuhan, Buktikan Keampuhannya!

                Menghilangkan kejenuhan harus cepat diberantas karena jenuh dalam hal ini bukan gara-gara aktivitas yang terus menerus kita lakukan namun jenuh dalam arti, tidak mempunyai penyemangat hidup dan selalu sendiri. Walaupun sudah ada pekerjaan atau kegiatan yang layak jika masih sendiri pasti akan merasakan kejenuhan dan tidak ada semangat dalam menjalani suatu pekerjaan. Maka dari itu jangan sampai diantara kita dilanda rasa jenuh hanya gara-gara seperti ini. Biasanya kejenuhan ini melanda para kalangan remaja dan muda yang belum mempunyai pasangan hidup dan pendamping hidup serta menjadi tekanan bathin yang mendalam dalam dirinya. Jangan sampai terhanyut dan terlena.

                 Sebaiknya ketika kejenuhan melanda dan rasa sepi menjelma kemarahan atau kegalauan serta kegundahan hati, sebaiknya kita segera untuk menyibukkan diri kita dengan kegiatan dan aktivitas yang positif dan bermanfaat bagi diri kita, itu slah satu cara menghilangkan kejenuhan. Walaupun tidak ada hasil berupa materi yang terpenting kita sudah menempatkan diri untuk tidak terhanyut dalam kejenuhan dan membuat hati selalu bahagia dan senang.

 

Ini ada beberapa trik yang harus kita lakukan untuk menindaklanjutinya, yaitu:

 –          Mengisi waktu untuk orang tua dan keluarga

Dalam hal ini kita lebih dapat bergerak untuk beraktivitas bukan hanya sedih dan galau karena sepi dan sendiri. Membantu orang tua juga kewajiban kita. Saling berkomunikasi dengan keluarga supaya lebih dekat dan hubungan semakin harmonis dan kejenuhan tidak akan datang lagi.

 –          Mengisi waktu untuk liburan dan hiburan

Jika kejenuhan sudah di tingkat tinggi, segera untuk mencari tempat yang nyaman dan suasana baru. Dengan mengunjungi tempat wisata, jalan-jalan ke pantai, gunung dan tempat yang membuat semangat kita terbangun dan menghilangkan kesepian dan kejenuhan kita. Selain itu, seringlah untuk memberikan hiburan ketika rasa jenuh melanda. Dengan mendengarkan musik, membaca atau hiburan yang lainnya.

 –          Menyalurkan hobi

Hobi merupakan hal-hal yang kita sukai. Sudah terbukti 100% jika kita melakukan hal-hal yang kita sukai tanpa ada beban maka rasa jenuh dan sepi akan hilang dan lebih baik lagi. Buktikan!

 –          Membuka hati 

Biasanya rasa jenuh dan sepi tumbuh karena masa lalu yang rumit dan menghancurkan hati. Selain itu, belum menemukan hati yang pas dan tepat untuk kita. Langkah awal yang baik yaitu menenangkan diri dan siap untuk membuka hati serta memulai dengan kehidupan yang baru dan semangat yang baru. Jangan sampai terkungkung dengan masa lalu, sedih dan kejenuhan diri. Karena memang masa lalu merupakan sebuah proses pembelajaran untuk lebih bijaksana dan dewasa serta berhati-hati dalam menjalani sebuah hubungan. Namun kita harus bisa bijaksana dalam memilih pasangan yang baru dan bisa mengerti kita.

Dalam hal memilih pasangan itu tergantung individu masing-masing. Alangkah baiknya, pilih pasangan yang selalu terbuka, saling memahami, berbagi dalam berbagai masalah dalam hal apapun. Karena akan mempengaruhi untuk kita yakin atau tidak serta dapat menumbuhkan kembali kebahagiaan dan menghilangkan kejenuhan serta kesepian di hari-hari kita.

–          Merencanakan masa depan

Kejenuhan juga datang ketika patah hati dan tidak jodoh karena sesuatu hal diantara pasangan kita. Jangan terlalu dipikirkan sampai-sampai masa depan ikut terbelah dan berantakan. Kita pasrahkan pada Tuhan dan yakin bahwa Tuhan mengatur yang  terbaik. Kita harus bisa bijaksana dalam menyikapinya. Bangun lagi masa depan dengan merencanakan sebaik mungkin dan selalu berfikir positif dalam langkah tegas dan pasti. Sibukkan diri untuk merencanakan dan melaksanakan masa depan yang lebih baik. Jangan terbayang-bayang masa lalu yang hanya menjadi hambatan.

“Kehidupan akan berwarna jika mempunyai masa depan yang cerah dan berusaha untuk menggapainya”

–          Mendekatkan diri pada Tuhan

Ini jalan yang paling ampuh yang harus kita lakukan untuk selalu berdo’a dan bersujud pada Tuhan. Selalu berifkir positif bahwa kejenuhan dan kesedihan yang ada akan hilang dan Tuhan akan memberikan jalan lurus dan terang bagi kehidupan kita. Dengan berdo’a, kita sudah meniti jalan untuk menggapai apa yang kita inginkan. Ikhtiar dan selalu bersyukur apa yang diberikan oleh Tuhan. Maka dari situ, kesedihan dan kejenuhan akan hilang.

Itulah sedikit trik yang biasanya saya lakukan dan pengalaman dari teman-teman sekitar, semoga bermanfaat dan membawa kita dalam hal-hal positif.

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...