Motivasi / Manajemen Diri / Tips Menghindari Lupa

Tips Menghindari Lupa

Tips Menghindari Lupa – Lupa adalah sifat dasar yang dimiliki oleh manusia. Tidak ada manusia yang tidak memiliki lupa. Karena sifat lupa pada dasarnya dibutuhkan oleh manusia. Dengan anugerah lupa kita bisa menghilangkan kenangan dan pikiran yang tidak lagi diperlukan. Lupa tersebut ada yang bersifat sementara dan ada juga yang permanen.

Lupa bisa menjadi masalah ketika intensitasnya sudah berlebihan dan diluar batas kewajaran. Yaitu ketika ingatan ketika dengan mudah lupa dengan cepat. Melupakan hal-hal yang belum semestinya dilupakan saat itu. Seperti lupa meletakkan barang-barang penting, lupa dengan agenda rutin, dan lainnya. Sifat lupa seperti ini tentu saja akan sangat mengganggu.  Anda tentu tidak ingin aktivitas Anda terganggu karena lupa bukan? Nah, untuk itu dalam tulisan berikut Blogekstra.com ingin berbagi tentang tips menghindari lupa.

Letakkan Segala Sesuatu pada Tempatnya Setelah Beraktivitas

Seringkali kita tidak tertib meletakkan barang-barang pada tempat semestinya satelah beraktivitas. Akibatnya, kita sering lupa di mana letak barang-barang yang kita butuhkan saat akan beraktivitas. Oleh karena itu, biasakan untuk bertindak tertib. Letakkan barang-barang pada tempatnya setelah beraktivitas. Agar ketika membutuhkan barang-barang tersebut nantinya Anda tidak perlu kebingungan.

Lakukan Segala Sesuatu dengan Rapi

Tidak hanya meletakkan barang yang harus tertib, melakukan segala sesuatunya juga harus dilakukan dengan rapi. Pastikan segala sesuatunya terencana dan tertata dengan rapi. Sehingga Anda bisa mengingat agenda-agenda dan aktivitas demi aktivitas yang akan dilakukan dengan mudah.

Minta Teman dan Saudara untuk Selalu Mengingatkan

Anda juga bisa minta dukungan dari teman dan saudara untuk mengantisipasi lupa. Terutama orang-orang terdekat yang selalu bersama Anda. Minta kepada teman dan saudara untuk selalu mengingatkan Anda. Misalnya untuk agenda-agenda penting yang harus Anda ikuti. Ceritakan pada mereka tentang agenda Anda. Kemudian minta mereka untuk mengingatkan Anda nantinya.

Tulis Segala Sesuatu dengan Rapi

Tips lain yang perlu Anda lakukan untuk mengantisifasi lupa adalah dengan menulis segala sesuatunya dengan rapi. Mulai dari ceklis agenda harian, ceklis barang belanjaan, ceklis barang bawaan dan lainnya. Catatan ini akan sangat membantu mengingatkan Anda akan hal-hal yang dianggap penting dan tidak boleh terlewatkan.

Manfaatkan Reminder Gadget

Ya, teknologi diciptakan untuk memudahkan kita dalam berbagai hal. Gadget adalah salah satu contoh alat teknologi dimanfaatkan untuk memudahkan manusia dalam berbagai urusan. Gadget tidak hanya memudahkan kita dalam berkomunikasi jarak jauh. Tapi, saat ini gadget juga dilengkapi dengan berbagai fitur dan aplikasi tambahan, salah satunya yaitu riminder.

Nah, reminder pada gadget bisa Anda manfaatkan sebagai pengingat agar tidak lupa dengan agenda-agenda yang akan dilewati. Jadi, pastikan Anda mensetting reminder setiap hari. Catat rencana dan agenda kerja dengan rapi pada reminder gadget Anda. Biarkan teknologi menjadi pengingat Anda di saat lupa, ok?

Perbanyak Olahraga dan Makan Makanan Bergizi untuk Meningkatkan Daya Ingat

Daya ingat dan konsentrasi sangat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh. Oleh karena itu, pastikan tubuh Anda selalu dalam kondisi fit. Berolahragalah secara rutin. Agar oksigen terdistribusi ke seluruh tubuh terutama otak. Makan makanan bergizi untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya ingat.

Hindari Stres

Stres juga dapat mengacaukan konsentrasi dan daya ingat. Oleh karena itu, pastikan Anda terhindar dari stres. Selalu melihat sesuatu dari sisi positif. Sehingga, Anda bisa berpikir jernih dalam menghadapi masalah seberat apapun.

Nah, demikian tulisan sederhana tentang tips menghindari lupa. Semoga bermanfaat!

gambar sampul: babarusyda.blogspot.com

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...