Motivasi / Lain-lain / Tanda-tanda Menjelang Datangnya Bulan Puasa Romadhon Di Indonesia

Tanda-tanda Menjelang Datangnya Bulan Puasa Romadhon Di Indonesia

romadhonHai sobatku, beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan Romadhon. Nah, pada bulan tersebut tentunya muslim wajib puasa loh ya. Tidak ada kata tidak, kecuali bagi orang-orang yang diberi keringanan oleh Allah seperti orang yang sudah tua renta dan tidak mampu berpuasa, ibu mengandung, dan lain-lain.

Bicara tentang puasa, kali ini saya akan berbagi tentang ciri-ciri atau Tanda-tanda Menjelang Datangnya Bulan Puasa Romadhon Di Indonesia. Sebenarnya artikel ini tidak terlalu penting-penting sekali untuk dibaca. Tapi, kalau Anda berkenan ya monggo diselesaikan sampai akhir. Siapa tahu saja Anda jadi terinspirasi dengan tulisan ini untuk melakukan suatu hal.

Oke, apa semua tanda-tanda sebelum datangnya bulan romadhon di negara kita? Berikut beberapa diantaranya.

1. Harga-harga Naik

Seperti biasa, saat menjelang datangnya puasa romadhon, pasti harga-harga barang di pasaran menjadi naik. Apalagi harga kebutuhan bahan pokok, dijamin bakal naik. Kenaikan ini malahan bisa dua kali lipat dari harga biasanya.

Mengapa sebelum bulan puasa harga barang menjadi naik? Itu karena tingginya permintaan barang pada waktu itu, sampai menjelang idul fitri. Saya beri contoh seperti ini: karena puasa banyak yang ingin membuat kue lebaran, otomatis permintaan terigu dan bahan-bahan membuat kue menjadi meningkat. Dan jika permintaan lebih banyak dibanding penawaran, itu adalah rumus naiknya harga suatu barang.

2. Iklan sirup dan kue mulai bermunculan di televisi

Ini yang paling diingat oleh anak-anak. Saat mendekati puasa, iklan sirup dan kue-kue mulai sering ditayangkan di media televisi. Yang jelas, iklan sirup dan kue yang muncul dari berbagai jenis dan merek ya.

mengapa saat menjelang puasa iklan sirup dan kue banyak bermunculan? Karena produsen dari kue dan sirup tersebut ingin memanfaatkan momen yang pas untuk mengiklankan produk mereka. Seperti kita ketahui, bahwa berbuka puasa di Indonesia itu identik dengan minuman sirup dan kue-kue. Jadi sangat pas bagi produsen sirup dan kue untuk mempromosikan dagangan mereka agar banyak yang membelinya selama bulan puasa.

Bahkan target mereka bukan cuma bulan puasa saja lo ya. Akan tetapi hari rayanya juga mereka perhitungkan. Sebab hari raya itu adalah hari di mana banyak kue-kue dan minuman lezat dihidangkan. Jadi, promosi sirup dan kue sebelum bulan puasa sampai menjelang idul fitri adalah ide yang bagus.

3. Dirilisnya lagu-lagu religi

Wah, yang ini adalah menu hiburan wajib bagi banyak kalangan. Ya sahabatku, kalau sudah dekat bulan puasa, pasti ada rilis lagu religi terbaru. Baik itu lagu dari band-band tenama Indonesia, atau penyanyi solo khusus realigi seperti haddad alwi dan opik.

Sepertinya para musisi juga tak kalah cerdiknya dengan produsen sirup. Mereka juga ingin memanfaatkan momen yang tepat untuk menjual lagu-lagu mereka. Memang saya akui, bahwa lagu religi sangat enak di dengar di bulan puasa. Itu karena temanya pas mungkin ya?

4. Mulai banyak penjual baju dadakan di pinggir jalan

Jika kita perhatikan, di jalan-jalan kota mendekati bulan romadhon mulai banyak penjual baju dadakan. Mereka membuat tenda-tenda, dan berjajar di jalan-jalan utama sebuah kota.

Umumnya, mereka berjualan baju muslim. Nampaknya merekapun juga ingin memanfaatkan trend di bulan romadhon untuk menjual berbagai perlengkapan pakaian islami.

Nah sahabatku, sebenarnya masih banyak tanda-tanda lainnya sebelum datangnya bulan romadhon. Tapi saya hanya menuliskan 4 diantara sekian banyak tanda-tandanya. Oleh karena itulah, Sekarang tugas Anda untuk menyebutkannya melalui komentar di bawah.

O iya, saya ingin berpesan sedikit saja ya, hakikat dari puasa itu adalah menahan diri, bukan foya-foya. Ya suah, sampai di sini dulu. Selamat Menjalankan Ibadah Puasa.

Sumber gambar:almadinahtour.com

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...