Motivasi / Motivasi Diri / 4 Tips untuk Tetap Positif dalam Situasi Negatif

4 Tips untuk Tetap Positif dalam Situasi Negatif

Berpikir Positif

Dimanapun Anda berada dan siapapun Anda, situasi negatif dapat membuktikan menjadi tantangan dalam hidup, dengan optimis yang kuat lah kita bisa menghadapi situasi tersebut. Berikut adalah 4 tips yang dapat Anda gunakan untuk tetap positif dalam situasi negatif dan tentunya akan menjadi pengalaman dalam dalam hidup.

1.    Alihkan pola pikir Anda

Meskipun mungkin akan susah untuk dilakukan, banyak situasi negatif yang mengandung pengalaman didalamnya. Jika kita melalui ketidaknyamanan dan rasa sakit pasti akan berurusan dengan situasi negatif, kita akan mengambil kesempatan untuk belajar sesuatu dari itu.

Pergeseran pola pikir Anda dan mencari pelajaran dalam situasi ini bukan tentang menyalahkan diri sendiri atau orang lain untuk apa yang terjadi. Sebaliknya, tujuan dari melakukan hal ini adalah untuk mendapatkan sesuatu yang positif dari situasi negatif, untuk mencegah terjadi lagi di masa depan.

2.    Dapatkan Dukungan

Anda tidak harus berurusan dengan situasi negatif pada Anda sendiri.
Mendapatkan dukungan dari teman atau keluarga yang dapat Anda percaya tidak hanya dapat membantu melalui masa-masa sulit ini, tetapi juga dapat memperkuat hubungan Anda dengan orang-orang di sekitar Anda.

3. Berlatih Mengasihani Diri

Setiap situasi negatif adalah kesempatan untuk berlatih mengasihani diri. Berbelas diri menunjukkan diri kita berbanding lurus dengan kualitas hidup kita. Jika kita mampu, kita  cenderung lebih menjadi tangguh dalam menghadapi situasi yang menantang dan kita lebih cenderung untuk mengambil risiko yang lebih lanjut untuk mengembangkan diri dan profesional.

4. Ingat itu akan berlalu

Seperti yang saya sebutkan di atas, Dimanapun Anda berada dan siapapun Anda, situasi negatif dapat membuktikan menjadi tantangan dalam hidup, dengan optimis yang kuat lah kita bisa menghadapi situasi tersebut.. Sama seperti ini, berarti situasi negatif adalah sebuah perjalanan, dan itu juga berarti bahwa situasi ini pasti akan berlalu dan membuat jalan untuk waktu yang lebih positif.

Tugas kita adalah untuk mengambil apa yang kita dapat dari situasi negatif, apakah itu pelajaran yang harus dipelajari dengan baik, atau kepercayaan baru dalam kekuatan dan ketahanan kita, dan menikmati saat-saat indah selagi masih ada.

Akhirnya, ingatlah bahwa situasi negatif tidak nyaman, bahkan menyakitkan. Tapi bagaimanapun kita berada dalam situasi seperti ini memiliki pengaruh besar atas bagaimana kita mengalaminya. Dengan menerapkan 4 Tips: pola pikir, mendapatkan dukungan,, berlatih mengasihani diri, dan mengingat bahwa situasi akan lulus, kita akan berada di tempat yang lebih baik untuk menangani situasi negatif karena pasti akan terjadi dan terus berlanjut, seperti teman saya pernah bilang bahwa hidup itu seperti roller coaster.

Jika Anda mempunyai Tips lain untuk Tetap Positif dalam Situasi Negatif, mungkin bisa share kepada kami melalui form komentar dibawah.

Penulis: Rian Herdiana

Foto Profil dari Rian Herdiana

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...