Motivasi / Manajemen Diri / Tips Bagaimana Caranya Fokus dalam Belajar

Tips Bagaimana Caranya Fokus dalam Belajar

Adik atau sahabat BlogEkstra setidaknya kita pasti pernah berpikir bahwa belajar itu susah, malas, tidak menyenangkan dan terkadang bahwa fokus dalam belajar itu sulit. Tapi, jangan salah lho sudah pada tahu kan bahwa belajar itu sangat penting. Artikel ini saya khususkan bagi sahabat atau adik – adik kita yang sedang melaksanakan atau sedang persiapan menghadapi Ujian Nasional. Berikut ini beberapa tips bagaimana caranya fokus dan lebih efisien dalam belajar.

fokus dalam belajar

 

1. Jadwalkan

Jangan hanya berasumsi bahwa kita akan belajar ketika ada waktu luang. Karena apa? Bila kita hanya menunggu waktu luang, apa yang terjadi malah kelupaan dan pada akhirnya tidak akan belajar sama sekali karena kita menyibukkan dengan hal – hal lain. Para sahabat dan adik – adik bisa membuat jadwal yang terbaik dengan itu, kemungkinannya adalah bila kita terbiasa dengan ini, dari waktu ke waktu kita akan lebih terbiasa dan fokus dalam belajar.

2. Kondisi yang nyaman

Jika mendengarkan musik adalah keharusan, kita bisa belajar sambil mendengarkan musik. Mungkin sahabat yang lainnya punya kebiasaan lain yang membuat nyaman dalam belajar seperti harus ditemani kopi atau teh bisa jadi pilihan yang baik. Bagaimanapun kebiasaan adik-adik dalam situasi ini akan membuat diri lebih nyaman dan terfokus dan bisa masuk ke dalam suasana enak dalam belajar. Suasana atau tempat nyaman bisa membantu konsentrasi lebih fokus dan sesi belajar yang panjang akan terasa mudah.

3. Persiapkan Bahan dan Alat yang dibutuhkan

Buku, catatan, laptop, kertas, stabilo, pena (bolpoint) atau alat pelajaran lainnya bahkan makanan ringan yang menjadi teman para sahabat dan adik adik pastikan kumpulkan dalam satu tempat. Pastikan juga tidak harus bolak-balik dan mengumpulkan lebih banyak saat belajar sedang berlangsung. Karena itu hanya akan mengganggu proses belajar dan akan membuat situasi yang sulit setelah kita memulai lagi. Cobalah untuk kumpulkan semuanya sesaat sebelum belajar dimulai dan periksa kembali untuk memastikan bahwa peralatan dan kebutuhan sudah terpenuhi semua.

4. Berikan otak untuk beristirahat sejenak

Bahkan sebelumnya kita semangat dan rajin dalam belajar, kita bisa menjadi lelah dan lemas setelah belajar. Duduk depan komputer atau bahkan dengan membukukkan punggung saat membaca buku bisa melelahkan fisik. Kita bisa mengatur alarm atau pengingat untuk beristirahat sejenak setelah kita belajar. Diantaranya bisa mengatur napas, berdiri, peregangan dan minum yang cukup. Pastikan untuk tidak beristirahat terlalu lama karena ujungnya kemalasan dan fokus akan hilang sepenuhnya. Tujuan dari istirahat ini adalah memastikan kita tidak terlalu memaksakan dan setelah istirahat ini otak akan merasa segar kembali dan siap untuk melanjutkan

5. Aktif dalam belajar

Pasif dalam belajar artinya hanya mencatat, membaca dan tidak kritis atau tidak ikut mengevaluasi informasi yang disajikan baik itu oleh guru atau mentor. Pembelajaran yang aktif disini ikut terlibat dalam diskusi dan analisis. Gaya belajar yang aktif akan membawa dan membantu memastikan bahwa kita memahami materi sepenuhnya. Cobalah untuk belajar dengan orang lain dan berdiskusi tentang materi tersebut. Kebiasaan belajar seperti ini akan memastikan bahwa kita belajar akan membuahkan hasil yang bagus dan akan lebih aktif.

6. Cari tempat yang tepat

Perpustakaan adalah tempat untuk belajar yang paling populer, bahkan kita bisa melakukannya di café, kamar tidur bahkan di gedung-gedung akademik. Memilih tempat belajar ini merupakan salah satu faktor penting dalam bagaimana caranya fokus dalam belajar. Bila kita salah dalam memilih tempat tentunya situasi akan sulit karena banyak gangguan dari apapun. Contoh jika para sahabat menyukai tempat belajar di perpustakaan sekolah, tetapi kita duduk pada kursi yang salah ( tidak nyaman ) cobalah kita belajar di tempat lain. Karena bila situasi tersebut dipaksakan, tentunya kita tidak bisa belajar senyaman apa yang  diinginkan.

Itulah beberapa tips bagaimana caranya fokus dalam belajar yang mudah-mudahan bisa menjadi solusi atau inspirasi bagi para adik-adik dan sahabat BlogEkstra. Tak lupa bagi kalian yang saat ini sedang melaksanakan ujian atau bahkan sedang persiapan ujian nasional, jangan lupa belajar dengan giat dan berdo’a kepada Tuhan mudah-mudahan ujiannya lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal. :-D

Penulis: Rian Herdiana

Foto Profil dari Rian Herdiana

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

menghubungkan akuntansi dengan kehidupan

Akuntansi Kehidupan

Jika dalam akuntansi selalu mengutamakan keseimbangan antara asset dan kewajiban, berbeda dengan akuntansi kehidupan, anggap ...